Skip to main content

Pentingnya Kesadaran Masyarakat akan lingkungan yang bersih

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..
Alhamdulillahirobbil alamin, wabihi nastain ala umuriddunyawaddin, ashsholatuwassalamuala asrofil ambiyaa iwal mursalin waala alihi washohbihi ajmain. Robbisrohlisodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma badu
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua sehinnga pada siang hari ni kita dapat berkumpul dalam keadaan sehal wal afiat amin. kedua kalinya sholawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan kita nabi besar muhammad SAW yang telah membimbing kita dari zaman kegelapan atau zaman jahiliah menuju zaman terang benderang yaitu aadinul islam wal iman.
Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah, muntaber dan lainnya. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.
Seringkali kita melihat slogan (Banner, Spanduk, Baliho) di berbagai tempat terutama di lokasi perumahan, yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan dan keamanan. Namun kenyataannya, kita masih membuang sampah sembarangan.
Kebersihan pangkal kesehatan sebuah pepatah yang sering kita dengar, kebersihan itu sangatlah penting untuk selalu diperhatikan karena berhubungan dengan kesehatan. Lingkungan yang bersih akan terhindar dari berbagai penyakit yang akan mengganggu aktivitas-aktivitas sehari-hari. Melaksanakan hidup bersih memiliki banyak manfaat yang didapatkan, seperti halnya melaksanakan kegiatan apapun tidak akan terganggu dengan badan yang sehat, tidak akan takut sakit, melaksanakan aktivitas-aktivitas pada tempat yang bersih akan berasa nyaman dan tidak akan khawatir dengan hewan-hewan menakutkan.

Agama dan ajaran Islam menaruh perhatian amat tinggi pada kebersihan, baik itu kebersihan jasmani (fisik) maupun rohani (jiwa). Adapun kebersihan jasmani tersebut tidak dapat dipisahkan dengan kebersihan rohani. Oleh karena itu, jika seorang muslim hendak beribadah kepada Allah SWT, wajib hukumnya untuk membersihkan jasmani dan rohaninya terlebih dahulu, karena Allah SWT memerintahkannya. Seseorang dalam melaksanakan ibadah Salat diwajibkan untuk selalu bersih jasmani (fisik) dan rohani (jiwa). Bersih secara jasmani (fisik) seperti bersih badan, pakaian, dan tempat salat, sedangkan bersih secara rohani (jiwa)seperti bersih dari perbuatan syirik, dan dengki. Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan selalu mengalami peningkatan. Oleh karena itu menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
Mewujudkan cinta akan kebersihan mulai sulit untuk dilakukan, karena banyak faktor-faktor yang menyebabkan seseorang enggan melakukan hdup bersih, seperti malas melakukan kebersihan, kurangnya ilmu pengetahuan, dan kurangnya motivasi. Permasalahan lingkungan sering dianggap sepele bagi sebagian masyarakat, dampaknya begitu nyata apabila sudah terjadi bencana akibat merusak atau mengabaikan kebersihan lingkungan. Melaksanakan hidup bersih sebetulnya sangatlah mudah, yaitu dengan cara melakukan kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menyapu halaman, menyapu rumah, mengepel lantai; kebersihan badan dilakukan dengan cara mandi dua kali setiap hari; kebersihan pakaian seperti mencuci dan menyetrika, kebersihan rambut dilakukan dengan cara mencuci rambut dua hari satu kali, menyisir.
Pengaruh buruk dari lingkungan sebenarnya dapat dicegah dengan mengembangkan kebiasaan perilaku hidup sehat dan bersih serta menciptakan lingkungan yang baik. Kebiasan hidup sehat dilakukan dalam berbagai cara seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah dan halaman secara rutin, membersihkan kamar mandi dan bak mandi secara rutin. Gambaran tentang aktivitas-aktivitas untuk menciptakan lingkungan yang baik adalah mengembangkan kebiasaan atau perilaku hidup sehat, membersihkan ruangan dan halaman rumah secara rutin, membersihkan kamar mandi dan toilet, menguras, menutup dan menimbun (3M).
Kebersihan dalam Islam dapat disebut dengan thaharah yang berarti sesuci. Suci dari hadas kecil maupun hadas besar dan juga suci dari najis. Kebersihan dalam Islam sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw karena dengan melakukan kebersihan akan terhindar dari beberapa penyakit yang menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu khususnya dalam melakukan Ibadah. Seperti halnya jika hendak melaksanakan shalat maka pertama yang diperhatikan adalah bersuci terlebih dahulu baik dari badan, pakaian maupun tempat.
Pentingnya kesadaran terhadap lingkungan merupakan hal pertama dalam melaksanakan kebersihan peduli lingkungan. Tidak adanya kesadaran peduli lingkungan maka kebersihan tidak akan pernah tercapai. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan, dan sehat merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan. Sebaliknya jika lingkungan kotor maka akan merusak keindahan tetapi  juga dapatmenyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Allah SWT telah menciptakan seluruh alam dan isinya. Menjaga alam dari kerusakan supaya terus lestari dan tidak punah merupakan tugas manusia. Bukan hanya manusia yang membutuhkan makhluk lain, makhluk lainpun juga membutuhkan manusia untuk keberlangsungan hidup. Manusia tidak akan mungkin hidup tanpa adanya bantuan dari makhluk lain.
Kualitas bersih dan tidaknya juga tergantung dari tangan manusia, lingkungan yang dijaga kebersihannya dengan baik, maka kualitas lingkungan bersih juga akan semakin meningkat. Sehingga orang-orang yang melihat lingkungan bersih akan termotivasi untuk melaksanakan  kebersihan juga, baik dilakukan pada lingkungan rumah atau di tempat-tempat umum.
Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan dihati para hadirin saya mohon maaf yang sebesar-besanrnya. Kesempurnaan hanya milik Allah Swt. Demikian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comments